Mengetahui Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya

Kaki pecah-pecah adalah masalah yang biasanya terjadi pada bagian tumit yang awalnya ditandai dengan kulit bersisik dan kering.

Kaki pecah-pecah adalah masalah yang biasanya terjadi pada bagian tumit yang awalnya ditandai dengan kulit bersisik dan kering.

Kadang kala, pada bagian ini terasa gatal, nyeri, kemerahan, bahkan bengkak, berdarah, dan bernanah yang menandakan adanya infeksi sehingga harus segera diobati oleh dokter.

Masalah kulit ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak, tetapi paling banyak menyerang wanita. Bila kamu mengalaminya, tak perlu panik karena kaki pecah-pecah bisa diatasi dengan berbagai langkah.

Penyebab kaki pecah-pecah yang paling dasar adalah hilangnya kelembapan kulit sehingga kulit menjadi kering dan gampang retak.

Ketika tumit mengembang, misalnya saat berjalan atau kaki menekan permukaan yang keras, maka kulit luar yang kering dan tidak lagi elastis tersebut menjadi pecah bahkan berdarah.

kulit kaki pecah pecah
ilustrasi tumit kaki pecah pecah | sumber : sehatq


Kulit kering sendiri bisa disebabkan banyak hal, misalnya:


Stres fisik


Stres fisik yang dimaksud sebagai penyebab kaki pecah-pecah adalah kondisi yang sering diterima oleh kaki, misalnya sepatu yang pengap.

Kondisi lembap dan panas di dalam sepatu bisa mengakibatkan hilangnya kandungan air pada kulit sehingga lapisan kulit bagian atas menebal dan gampang pecah.

Faktor usia


Perubahan hormon dan metabolisme karena bertambahnya usia dapat mengakibatkan kulit lapisan terluar menebal. Selain itu, lapisan kulit pelindung pada tumit mengalami penipisan sehingga membuat kulit menjadi stres, menebal, dan akhirnya pecah.

Penyakit tertentu


Beberapa penyakit juga dapat menjadi penyebab kaki pecah-pecah, seperti diabetes, hipotiroidisme, ataupun kurang gizi. Penyakit yang menyebabkan malabsorpsi pencernaan, seperti penyakit Crohn atau celiac, juga dapat mengakibatkan kaki pecah-pecah.

Penggunaan produk kosmetik


Saat ini, banyak sekali produk perawatan kaki yang beredar di pasaran. Namun, produk yang tidak tepat justru dapat mengikis kelembapan kulit sehingga menaikkan risiko kulit kaki pecah-pecah.

Bagaimana cara menyembuhkan kaki pecah-pecah?


Cara menyembuhkan kulit pecah-pecah tergantung dari penyebabnya. Namun, secara garis besar, mengoleskan krim pelembap secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari adalah cara paling efektif untuk mengembalikan kelembapan dan elastisitas kulit.

Beberapa pelembap mengandung bahan perontok kulit mati (keratolitik). Beberapa lainnya mengandung zat penahan kandungan air di dalam kulit, seperti urea, asam salisilat, asam alfa-hidroksida, dan saccharide isomerate.

Sebelum mengoleskan krim pelembap ini, kamu juga bisa menggosokkan kulit kaki yang kering dengan batu khusus agar kulit kering berjatuhan. Jika kaki pecah-pecah terasa nyeri, kamu bisa membebatnya dengan perban untuk mempercepat penyembuhan.

Jika perawatan ini tidak juga membuahkan hasil dalam satu minggu, atau jika penyebab kaki pecah-pecah adalah penyakit bawaan, kamu mungkin harus mengunjungi dokter.

Kaki kering dan pecah-pecah juga rawan menjadi semakin parah saat musim kemarau. Oleh karena itu, kamu sebaiknya melakukan berbagai langkah pencegahan, seperti:

Gunakan pelembap kaki secara rutin, misalnya yang mengandung gliserin, dimethicone, asam laktat, urea, hyaluronic acid, lanolin, petrolatum, dan minyak mineral.

Hindari penggunaan produk yang tidak ramah untuk kulit, misalnya sabun keras dan mengandung parfum.

Gunakan sepatu dengan tumit tertutup.

Kulit kaki pecah-pecah bisa dicegah dan diatasi dengan menggunakan pelembap. Namun, jika penyebabnya adalah masalah medis tertentu, sebaiknya tidak menunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber : sehatq

COMMENTS

Nama

Cantik,22,Culture,13,Download,10,Ebook,8,Ekonomi,8,Info Unik,22,Islami,19,Kesehatan,30,Lifestyle,13,Misteri,11,News,7,Resep,58,Software,2,Sport,4,tips,38,Viral,1,
ltr
item
Wanita Di Dunia | Inspirasi Untuk Semua Wanita Di Dunia: Mengetahui Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya
Mengetahui Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya
Kaki pecah-pecah adalah masalah yang biasanya terjadi pada bagian tumit yang awalnya ditandai dengan kulit bersisik dan kering.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjtnUdcH8l04jYgBmhI79-iO_xeejzuQ3RWpKU0S9npCjcMgX2KHzIOu08dd8uhMu_Qq90hPF2YUcO2ApLkLVIUU5197yQR3vVuELaQLavFkqvNGLTqRILo_7bQpM2-xj_Rfwq6uk6vE7u-_7d64y_ih3uoxbMXLcsSu6UAcuawqqkpBUr_1qYTo1l6WA=w320-h160
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjtnUdcH8l04jYgBmhI79-iO_xeejzuQ3RWpKU0S9npCjcMgX2KHzIOu08dd8uhMu_Qq90hPF2YUcO2ApLkLVIUU5197yQR3vVuELaQLavFkqvNGLTqRILo_7bQpM2-xj_Rfwq6uk6vE7u-_7d64y_ih3uoxbMXLcsSu6UAcuawqqkpBUr_1qYTo1l6WA=s72-w320-c-h160
Wanita Di Dunia | Inspirasi Untuk Semua Wanita Di Dunia
https://www.wanitadidunia.my.id/2021/12/mengetahui-penyebab-tumit-kaki-pecah.html
https://www.wanitadidunia.my.id/
https://www.wanitadidunia.my.id/
https://www.wanitadidunia.my.id/2021/12/mengetahui-penyebab-tumit-kaki-pecah.html
true
9054871969432153677
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content